Sunday, June 7, 2015

#NULISRANDOM2015 Day 7 "Meet Up With The Creator Of Ketika Mas Gagah Pergi"

Sebuah cerita fiksi yang mampu melampui masa dan menjadi inspirasi banyak orang. Hebat ya ??

Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) adalah satu kisah fiksi yang ternyata begitu banyak pengaruhnya dikalangan pembacanya sendiri. Aku sendiri baru membaca cerpennya sekitar setahun yang lalu karena cerpen ini sebenarnya diterbitkan disebuah majalah Islam bertahun-tahun lalu. Tapi membuat aku penasaran karena sering kali aku mendengar judulnya dari kutipan penulis atau pembaca buku fiksi islami.

Kemudian aku tahu bahwa cerpen itu dibuat oleh mbak Helvy Tiana Rosa, yang aku kenal justru dari karya tulis beliau yang lain, dan ternyata beliau adalah kakak dari mbak Asma Nadia, salah satu penulis favoritku juga.

Karena rasa penasaran tentang KMGP aku langsung browsing infonya dan ternyata cerpennya sudah dibukukan, pas mau beli online eh ternyata sudah kehabisan L. Iya sih, aku terlambat, bukunya udah terbit beberapa tahuhn lalu. Tapi gak putus asa juga aku coba cari downloadan gratis  e-booknya, yang alhamdulillah dapet, hehehe ….

Jadi begitulah setelah membaca ceritanya aku setuju jika cerpen itu dianggap bisa mempengaruhi dan diingat begitu banyak orang. Kalau kamu tanya siapa mbk Hevy itu pasti jawabannya yang buat cerpen Ketika Mas Gagah Pergi, atau apa karya favorit mbk Helvy pasti lagi-lagi Ketika Mas Gagah Pergi yang disebut. Kenapa ? karena cerpen itu memang begitu pas pada situasi saat itu yang membuatnya jadi inpirasi banyak orang, terutama buat anak-anak muda karena sasaran cerpen itu memang anak-anak muda pada khususunya.

Dan hari ini, di sebuah acara di kotaku yang bertajuk Istiqomah Book Fair 2015, mbk Helvy diundang sebagai salah satu pembicara talk show. Karena aku penasaran dengan orangnya jadilah aku datang ke acara yang bertempat di salah satu masjid besar di Balikpapan, talk shownya berjudul Meet Up Penulis and Talkshow Stand for Ketika Mas Gagah Pergi. Di acara itu mbk Helvy selain berbagi tips dan sharing pengalaman menulisnya tapi beliau juga menyampaikan misi untuk memfilmkan cerpen Ketika Masa Gagah Pergi. Mbk Helvy berniat untuk mengumpulkan dana guna memproduksi film tersebut sehingga film tersebuta akan menjadi proyek film bersama. Aku juga sebenarnya sudah tahu tentang proyek film bersama ini dari medsos dan aku sempat berfikir kenapa harus mencari dana ? Apa tidak PH yang mau memfilmkannya ? Padahal dari segi ceritanya kan menarik dan lumayan komersil ?

Tapi kemudian mbk Helvy menjelaskan di acara tadi, bahwa bukannya tidak ada PH yang berminat, justru banyak sekali yang mau memvisualkan karya mbk Helvy ini, namun ternyata beliau punya idealisme yang gak bisa diganggu gugat. Kalau KMGP ini mau dijadikan film maka harus ikut aturan Mbk Helvy karena menurutnya KMGP ini sudah menjadi inspirasi banyak orang dan mbk Helvy punya tanggung jawab untuk tetap membuat filmnya selurus dengan ceritanya, baik dari segi pengembangan naskah, para aktor/aktrisnya bahkan strudaranya pun mbk Helvy akan sangat seleksi sekali. 

Karenanya sampai sekarang tidak ada PH yang bisa memenuhi persyaratan Mbk Helvy sedangkan minat para pembaca untuk melihat KMGP dilayar bioskop begitu tinggi, sehingga tercetuslah ide untuk membuat film ini dengan dana sendiri atau, biasa disebut program crowd funding, yang mana dana itu dikumpulkan dari masyarakat yang begitu cinta dengan KMGP, sekaligu menginginkan film yang benar-benar bernuansa islami, bukan hanya sebagai slogan tempelan diposternya saja.

Aku kagum dengan idealisme mbk Helvy ini, beliau berjuang buat apa yang dia mau dan yakini. Demi menjaga agar Mas Gagah ini bisa terlahir kedunia nyata dengan sebenar-benar karakternya, beliau keliling Indonesia dengan  misi crown funding-nya.   

Aku sempet menitikkan air mata waktu beliau berkisah tentang proses yang dilalui untuk memfilmkan KMGP ini, bener-bener seperti menjaga seorang anak yang sedang tumbuh, beliau tidak akan membiarkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab merusak “anaknya”. Dan dengan crowd funding ini mbk Helvy berniat menjadikan film KMGP sebagai film dari kita, dibuat oleh kita dan ditonton oleh dunia !!!

Aamiin ….

Di acara itu juga sebenarnya dijual beberapa buku KMGP tapi mungkin memang belum jodoh kali ya, aku kehabisan lagiiiii DX

Yaelahhh, mana di online shop juga gak ada lagi T.T, tapi gak papa sih karena setidaknya aku masih sempet berfoto sama mbk Helvy ;)




No comments :

Post a Comment