Saturday, April 1, 2017

Menulislah ... !!!

Pic from Google

Menulislah ….

Menulislah …

Menulislah…..

Kata-kata itu yang selalu terngiang ditelingaku setiap harinya, tapi pasti tidak tereksekusi dengan benar karena selau teralihkan dengan gadget, tontonan film atau koleksi drama korea terbaru.

Beberapa tahun belakangan ini keinginan untuk menulis itu pasang surut tergantung mood, meskipun lebih banyak surutnya. Alhasil blog nggak ada yang terisi dan bahkan hampir 3 bulan lebih blog buku-ku terabaikan.

Tentu aja itu adalah kemunduran mengingat aku pernah berjanji dan berkomitmen untuk rajin menulis. Tapi ya begitu, komitmen hanyalah komitmen, yang cuma tercetak di otak tapi sulit sekali diwujudkan menjadi sebuah bentuk tulisan.

Kalau inget aku pernah bercita-cita jadi penulis rasanya malu sendiri. Mana ada calon penulis yang malas menulis ? Yang mood nulisnya ancur dan seenaknya sendiri tanpa ada disiplin ?

Bahkan meski sudah memaksakan diri di depan laptop, nyatanya ada aja hal yang membuat perhatian teralihkan dan menajdi sangat malaaaassss sekali untuk menulis. Pernah aku mencoba resep untuk menulis apa saja, meski sedang kosong ide yang penting duduk di depan laptop, mau tau hasilnya ? setengah jam bengong dan berakhir dengan otak yang nyaris tertidur.

Suatu kali pernah berhasil menyelesaikan sebuah tulisan tentang resensi buku yang baru aku baca, dan rasa puasnya itu sangat besar sekali. Seolah-olah aku baru saja menyelesaikan pekerjaan penting yang maha berat dan merasa sangat bangga dengan diriku. Dalam hati sudah berjanji besok akan lebih semangat lagi menulis, tapi lagi-lagi, janji dalam hati hanya sebuah angan-angan yang gak pernah terwujudkan. Dan pada akhirnya hanya 1 post yang berhasil aku terbitkan dalam satu bulan itu.

Padahal kalau mau rajin ada banyak sekali ide-ide yang berlompatan di dalam otakku yang menunggu untuk dioalah. Tapi kemudian ide-ide itu menghilang bersama datangnya rasa ngantuk, capek dan malas yang keroyokan menyerang. Jadi bisa disimpulkan bahwa aku baru bisa menulis jika fisik dan otakku dalam mode fresh, segar, penuh motivasi dan onfire !!!

Baru saja aku tersentil dengan postingan seorang teman FB yang menulis diblognya tentang kebingungan memilih tema cerita fiksi yang mau dia tulis. Dari situ aku jadi tertampar sendiri. Karena teman FB ini termasuk yang aktif berkegiatan mulai dari kerja, main musik dan sebagianya, tapi ternyata dia masih punya waktu untuk menulis.

Bahkan ketika aku tanya apa dia punya waktu untuk main gadget dan nonton TV, dia menjawab bahwa ia masih punya waktu ntuuk melakukan hal-hal tersebut. Nah, berarti memang kadar malas dan manajemen waktuku untuk membagi kegiatan sangat buruk bukan ? Kenapa dia masih bisa menulis meski seharian sudah bekerja sedangkan aku yang di hari sabtu-minggu libur malah tidak bisa menghasilkan apa-apa ?

Nah, karena adanya motivasi tinggi itulah sekarang ini aku menulis lagi. Curhat tentang bagaimana mood menulisku yang kacau (sebenarnya mood membaca juga gak kalah ancur, tapi lain kali aja dibahas ;p ) dan berharap semoga semangat menulis yang ada sekarang tetap membara sampai minggu depan, bulan depan atau bahkan hingga di sepanjang tahun 2017.


Aku ingin lagi merasakan sensasi menulis cerita dengan adegan-adegan yang berkejaran diotakku, yang kemudian dirangkai jadi sebuah karya dan gak peduli itu jelek atau bagus. Pokoknya aku hanya ingin menulis, menciptakan dunia lain, seperti para penulis besar favoritku yang selalu berhasil membawa aku masuk ke dunia cerita mereka sampai ingin melupakan dunia nyata ….

No comments :

Post a Comment