Sunday, April 30, 2017

Just Cry !!!



Menangis, semua orang pernah dan pasti melakukan hal tersebut. Dari bayi saja sudah dimulai dengan tangisan, dan ketika di akhir kehidupan pun tangisan akan mengiringi kematian.

Kok rasanya berat banget ya topik postingan kali ini ? Nggak serius-serus banget sih sebenarnya. Topik tangisan ini cuma hasil pikiran iseng gara-gara sering nonton drama korea yang ngebuat mewek. Dan rasanya wajar kalau kita menangis hanya karena cerita drama, novel atau bahkan mendengar lagu yang mellow. Itu kan artinya kita punya perasaan yang sensitive peka dan terlebih emosi kita masih sehat.

Tapi memang tidak disarankan untuk menangis terlalu berlebihan, karena kesannya jadi cengeng dan lebay. Yaaa sewajarnya aja, tangisi peristiwa yang pantas dan harus ditangisi.

Buatku, menangis gak perlu nunggu momen special seperti lagi sedih atau bahagia banget. Ya seperti itu tadi, nonton drakor yang ada adegan menyentuh hati juga udah bisa buat air mata ini brebes mili kok :p Dan aku yakin banyak orang juga yang seperti aku ini.

Selain itu dari beberapa artikel online yang kubaca, ada beberapa manfaat menangis yang ternyata bagus buat kesehatan mental dan fisik kita, seperti berikut ini:

  • Sebagai detoksifikasi

Nah, salah satu manfaat dari menangis adalah untuk membersihkan racun dari tubuh kita, caranya ya dengan mengalirkan racun-racun tersebut melalui air mata. Racun-racun yang dibawa air mata ini biasanya terbentuk karena adanya tekanan atau stress yang kita rasakan. Tau dong kalau stress nggak hanya mengakibatkan penyakit mental, tapi juga bisa menjalar jadi penyakit fisik seperti pusing atau imunitas tubuh yang mnurun. Nah, menangis bisa menjadi terapi detoksifikasi yang paling alami, tanpa bantuan alat apapun dan pastinya aman J
  • Meredakan stress

Stress ternyata bisa mengakibatkan penimbunan bahan kimia yang diproduksi berlebihan oleh tubuh. Masih menyambung dari penjelasan di atas, bahwa menangis bisa mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Nah, ketika stress ternyata tubuh memproduksi banyak zat kimia seperti prolaktin dan endorphin yang mana akan menjaid racun jika terlalu banyak. Dengan menangis, maka zat-zat beracun tersebut akan keluar dan dapat membuat rasa stress lebih berkurang.
  • Membersihkan mata

Jarang menangis ? Hmmm, walaupun terlihat cool, tegar dan berhati kuat bagi orang lain, tapi ternyata jarang menangis juga nggk terlalu baik. Air mata memiliki fungsi sebagai pembersih bagi bola mata kita dari debu, bakteri serta kuman-kuman mengganggu lainnya. Nah, kalau jarang menangis berarti kuman dan bakteri tersebut bisa menumpuk bukan ?
  • Melegakan perasaaan

Banyak orang yang bilang kalau sedang merasakan beban berat atau bersedih begitu hebat, maka menangislah untuk melegakan perasaanmu. Dan ternyata itu memang benar. Karena dengan menangis rasa stress bisa menjadi lebih berkurang serta pikiran akan lebih jernih. Selain itu menangis merupakan sebuah ekspresi, sehingga jika ada beban berat atau kesedihan yang dirasakan, menyalurkannya dengan menangs bisa menjadi salah satu pelepasan yang melegakan.
  • Membuat mood lebih baik

Nah, setelah rasa stress berkurang, perasaan sedikit lebih baik, maka mood bisa kembali terangkat. Menurut artikel yang kubaca juga menangis bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon kebahagiaan sehingga menangis akan membuat mood berubah menjadi lebih menyenangkan.

***

Dari beberapa artikel yang kubaca, aku jadi menyimpulkan bahwa menangis merupakan terapi alami serta pertolongan pertama ketika ada hal-hal yang mengusik perasaan kita. Meski menangis nggak lantas menyelesaikan masalah, namun dengan melakukan hal itu setidaknya sudah membuat perasaan kita lebih baik.

Mungkin ada yang pernah mengalami punya masalah berat sampai mau nasgis, dan setelah menangis perasaan jadi plong dan lega. Nah, setelah perasaan menjadi lega baru deh pikiran kita bisa bekerja normal untuk mulai memikirkan pemecahan dari masalah tersebut. Jadi kalau ada masalah yang begitu berat sampai rasanya mau nangis, ya udah nangis aja, jangan malu dan ditahan.

Menahan tangisan justru akan membuat perasaan jadi lebih kacau dan sulit. Selain itu tekanan atau stress juga makin meningkat sehingga wajar jika diklimaksnya malah akan membuat tubuh menjadi sakit.

Aku sendiri terkadang justru mencari momen untuk bisa menangis. Biasanya kalau tiba-tiba merasa galau aku bakal nyari drama atau film yang sedih biar bisa menangis. Karena kalau nggak perasaanku bakalan jadi sensitif dan suatu saat bisa nangis cuma karena masalah sepele. Dan setelah nangis biasanya moodku jadi lebih baik lagi.

Tapi menangis berlebihan juga nggak boleh ya. Selain malah menimbulkan rasa stress, mata juga bisa bengkak akut kalau terus-terusan mengeluarkan air mata. Seperti yang aku tulis di awal tadi, menangislah seperlunya dan seharusnya. Karena menangis membuktikan kita masih menjadi manusia yang normal, sehat dan membuat perasaan menjadi lebih nyaman ;)

Yang lebih penting lagi menangis ini berlaku untuk semua gender. Gak peduli cewek atau cowok sangat perlu untuk menangis. Gak usah berlagak cool atau merasa kuat, karena Tuhan sudah menciptakan tangisan sebagai bentuk ekspresi dan bentuk pertolongan pertama-Nya untuk menenangkan hatimu ketika sedang kacau J

Oiya, karena keseringan nonton drakor aku jadi punya fetish tersendiri terhadap orang nangis. Kesannya kalau mereka nangis itu malah lebih keliatan cantik dan sexynya, hehehe. Tapi fetish ini cuma berlaku kalau nangisnya mode kalem loh ya, artinya cuma mengeluarkan air mata tanpa harus teriak kejer macam anak kecil yang direbut mainannya :p



pic from Google

No comments :

Post a Comment